News Detail

GOBEL APRESIASI INOVASI PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PERIKANAN

GOBEL APRESIASI INOVASI PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI PERIKANAN

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmad Gobel mengapresiasi inovasi yang dihasilkan PT Gani Arta Dwitunggal yang sangat membantu nelayan meningkatkan hasil tangkapannya. Inovasi tersebut berupa keramba jaring apung untuk ikan dan lobster, perahu jukung, serta dermaga apung yang fleksibel.

“Apa yang saya lihat dari perusahaan Pak Budi (Budiprawira Sunadim, Pimpinan PT Gani Arta Dwitunggal), sebagai salah satu upaya dalam mengentaskan persoalan, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, bahkan kedaulatan pangan. Produk yang dihasilkan ini sebetulnya sangat luar biasa, yang mungkin masih belum dilihat,” ujar Gobel saat berkunjung ke PT Gani Arta Dwitunggal, Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/1).

Legislator NasDem tersebut berharap inovasi seperti itu bisa terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi, agar menciptakan produk-produk dalam negeri yang makin berkualitas. Dengan begitu, tidak hanya ketahanan pangan yang bisa dicapai, namun bisa diarahkan menuju konsep pariwisata kelautan.

Di era modern ini, sambung Gobel, dengan dibantu peralatan modern seharusnya kapasitas produksi perikanan yang kini hanya 15%, bisa ditingkatkan menjadi 100%.

“Harapan kita nelayan menjadi lebih sejahtera karena mereka menangkap ikan dan budidaya menjadi lebih mudah. Kapasitas produksi yang terpakai hanya sekitar 15 persen harus ditingkatkan,” tegasnya.

Gobel mengimbau agar perusahaan berkolaborasi dengan pemerintah seperti Kementerian Koperasi atau pemerintah daerah untuk sama-sama membangun dan mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.

“Kalau bisa, saya dibantu buat strategi dan konsep. Nanti saya yang bicara sama pemerintahnya,” ujar Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu.

Pimpinan PT Gani Arta Dwitunggal, Budiprawira Sunadim mengapresiasi Rachmad Gobel yang berkujung ke PT Gani Arta Dwitunggal. Ia juga berterima kasih atas kepedulian Gobel atas perkembangan perikanan budidaya ikan dan lobster.

“Sejauh ini beliau adalah pejabat negara yang berkunjung ke pabrik kami dan menjadi kebanggaan bagi kami,” ungkapnya.(RO/Ajeng/*)