News Detail

GOBEL DORONG KERJA SAMA SEKTOR PANGAN INDONESIA DAN KORSEL

GOBEL DORONG KERJA SAMA SEKTOR PANGAN INDONESIA DAN KORSEL

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmad Gobel menerima Wakil Menteri Perdagangan Korea Selatan (Korsel) H.E. Mr. Yoonjung Chun dan Duta Besar Korsel untuk Indonesia, H.E. Mr. Tae-sung Park, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/2).

Dalam pertemuan itu, mereka membahas  Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Korea (Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA).

“Saya menyarankan dan berharap investasi kerja sama dengan Korsel ini tidak hanya di sektor padat modal, padat teknologi, dan juga jangka panjang, tetapi bagaimana juga bisa mengembangkan kerja sama di sektor pertanian atau pangan,” ujar Gobel.

Legislator Partai NasDem ini menambahkan, sektor pangan dapat menyerap banyak lapangan kerja bagi para petani.

“Sebab, pangan ini banyak menyerap lapangan kerja para petani kita, sehingga dengan teknologi yang dimilikinya (Korsel), kita bisa meningkatkan hasil pangan kita sendiri untuk bisa mengisi kebutuhan pangan dunia,” jelas Gobel.

Sejauh ini, Gobel menilai kerja sama Indonesia dengan Korsel di sektor pangan sudah ada namun masih dalam skala kecil.  Ia berharap kemampuan teknologi pertanian dan pangan yang dimiliki Korsel bisa dibawa ke Indonesia agar nantinya bisa memenuhi kebutuhan pangan Tanah Air.

“Di samping Undang-Undang Omnibus Law yang sudah diluncurkan dan kita loloskan, tentu harus kita perkuat dengan kerja sama bilateral dengan konsep Indonesia-Korea CEPA, inilah yang akan lebih fokus membangun kerja sama kedua negara ini,” ungkap Legialator dari Dapil Gorontalo itu.(Alfian/Dis/*)