News Detail

Tindak Lanjuti Aspirasi Pemkab Gorontalo Utara, RG Tinjau Pelabuhan Anggrek

Tindak Lanjuti Aspirasi Pemkab Gorontalo Utara, RG Tinjau Pelabuhan Anggrek

Bergerak cepat. Usai menerima aspirasi Bupati Gorontalo Utara Indra  Jasin. Wakil ketua DPR RI Rachmat Gobel langsung meninjau lokasi pengembangan Pelabuhan Anggrek. Kunjungan ke pelabuhan anggrek dalam rangkaian dengan pelaksanaan kegiatan reses anggota DPR RI.

“Kita tidak punya banyak waktu, mengejar ketertinggalan kita dari daerah lain, karenanya kita harus bergerak cepat memanfaatkan berbagai program yang dibuat pemerintahp pusat,” tegas Rachmat Gobel, saat meninjau salah satu dermaga di Pelabuhan Anggrek, Senin (3/8).

Rachmat Gobel optimis, pengembangan pelabuhan anggrek akan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontlao Utara. Sebab Pelabuhan Anggrek memiliki posisi strategis dalam jalus lalulintas perdagangan internasional, karenanya pengembangan infrastruktur dan fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh kementrian perhubungan itu, harus segera dibenahi dan dioptimalkan.

Kunjungan ke pelabuhan angrek merupakan tindak lanjut atas aspirasi yang diterimanya dari bupati Gorontalo Utara Indra Jasin. Sebelumnya dihari yang sama, Rachmat Gobel bertemau Bupati Indra Jasin di Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Pada pertemuan itu terungkap, adanya keinginan pihak pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menjadikan pelabuhan anggrek setara dengan pelabuhan Bitung di Provinsi Sulawesi Utara, agar aktivitas di pelabuhan memberikan dampak bagi pengembangan pereknomian di daerah setempat.

Menurut Rachmat Gobel, ketersediaan infrastruktur pelabuhan yang memadai, memiliki peran vital dalam penentuan tujuan bongkar muat barang dalam aktivitas perdagangan antar pulau maupun antar negara oleh para pelaku usaha. Sebab hal tersebut berkaitan dengan efsiensi biaya pengiriman yang lebih ekonimis. Sementara biaya pengiriman yang ekonomis merupakan faktor penentu dalam persaingan harga dalam kompetisi pasar.

“Karenanya, fasilitasnya harus kita benahi. Dan segala kebutuhan yang diperlukan sebagaiman keinginan Pemeirntah Gorontalo Utara, akan saya koordinasikan dengan kementrian terkait,” ungkap Rachmat Gobel