News Detail

GOBEL DORONG KANAL TAMALATE JADI KAWASAN WISATA BONE BOLANGO

GOBEL DORONG KANAL TAMALATE JADI KAWASAN WISATA BONE BOLANGO

SUWAWA - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmad Gobel mengatakan, diperlukan inovasi atau terobosan baru oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gorontalo.

“Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dari Kementerian PUPR di Kelurahan Leato Utara, Kota Gorontalo telah memicu laju pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Saat ini lokasinya telah diberi nama Tamendao Beach. Itu juga bisa menjadi contoh bagi pemerintah provinsi dan daerah dalam membuat program pembangunan infrastruktur melalui APBD yang berefek positif pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Gobel saat meninjau Kanal Tamalate dan Taman Kabila di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (25/4).

Legislator NasDem itu mengatakan, keindahan alam Kanal Tamalate dan Taman Kabila perlu ditata dengan baik, sehingga nantinya bisa menjadi objek wisata dan menjadi sumber penghasilan masyarakat sekitar.

“Kanal Tamalate membentang di kawasan persawahan bisa menjadi sebuah spot wisata baru yang sangat menarik jika ditata dengan rapi dan benar,” tukas Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu.

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli berharap melalui perhatian Rachmad Gobel, bantaran Kanal Tamalate yang terletak di Kelurahan Oluhuta Kabila bisa mendapatkan program dari Pemerintah Pusat, sehingga mampu menjadi sebuah pusat ekonomi baru di Kabupaten Bone Bolango.

“Kami berharap dengan kunjungan Pak Rachmad Gobel di Kanal Tamalate dan Taman Kabila, lokasi tersebut bisa mendapatkan sentuhan program dari Pemerintah Pusat. Sehingga tempat tersebut bisa menjadi salah satu lokasi yang mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di Bone Bolango,” kata Merlan.

Kanal Tamalate di bangun Kementerian PUPR tahun 2008 di atas lahan milik Pemerintah Provinsi Gorontalo. Namun, hingga hari ini tidak lagi mendapatkan sentuhan program dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.(Alfian/Dis/*)