News Detail

GOBEL APRESIASI BUMDES BERSAMA SITUBONDO

GOBEL APRESIASI BUMDES BERSAMA SITUBONDO

JAKARTA - Terobosan yang dilakukan masyarakat Situbondo, Jawa Timur (Jatim) yang membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama diapresiasi Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel.

Apresiasiitu disampaikan Rachmad Gobel saat menerima audiensi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan BUMDes Situbondo di Gedung DPR RI, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/9).

Diketahui, BUMDes Bersama Situbondo dibentuk secara gotong royong dan merupakan gabungan dari 60 desa di Situbondo.

“Ini yang pertama (BUMDes Bersama) yang saya dengar. Ini saya kira perlu didorong dan diperkuat. Kalau BUMDes-nya berjalan sendiri-sendiri, dia tidak akan begitu kuat. Bandingkan saja dengan 60 desa yang bergabung menjadi satu,” kata Gobel.

BUMDes Bersama Situbondo, menurut Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan itu banyak memberikan nilai tambah, sehingga layak untuk dijadikan role model bagi BUMDes di daerah lain.

“Misalnya dari 60 desa, salah satunya adalah penghasil sayur, desa yang lain menghasilkan apa. Nah, satu desa tersebut kalau bisa memenuhi kebutuhan 60 desa lainnya, itu sudah memberikan keuntungan tersendiri. Hal seperti ini mesti kita dorong,” kata Legislator NasDem tersebut.

Gobel yang juga anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu menyarankan agar pihak BUMDes Bersama Situbondo mulai memetakan potensi yang ada, menghimpun sumber daya manusia (SDM) kemudian mulai merumuskan visi BUMDes yang disesuaikan dengan keragaman yang dimiliki.

“Insyaallah nanti saya akan ke Situbondo. Bagaimana kita harus membuat BUMDes Bersama ini menjadi bagian daripada memperkuat NKRI, karena BUMDes bukan hanya bisnis,” tandasnya.

Ditemui seusai audiensi, Ketua BUMDes Bersama Situbondo, Juharto berharap agar ada sebuah regulasi yang menjadi payung hukum terkait BUMDes yang didirikan atas beberapa desa.

Ia juga berharap agar ada suntikan dana dari pemerintah guna mengembangkan kegiatan usaha yang makin berpihak kepada masyarakat.

“Sementara ini kami melayani simpan pinjam. Ke depan akan berkembang seperti peternakan dan usaha lainnya jika regulasi yang mengatur BUMDes Bersama sudah ada. Dan terima kasih karena sudah difasilitasi Bapak Rachmad Gobel,” pungkas Juharto. (dpr.go.id/*)