News Detail

HAMIM; 2024 ERA PERADABAN MAJU GORONTALO

HAMIM; 2024 ERA PERADABAN MAJU GORONTALO

GORONTALO - Era kebangkitan Gorontalo bukanlah hal yang tidak mungkin bisa diwujudkan Tahun 2024 mendatang. Era dimana Gorontalo akan di pimpin oleh putra-putri terbaik yang dimilikinya berdasarkan hasil pemilu kepala daerah serentak yang akan di gelar tahun 2024.

Era ini, disebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Provinsi Gorontalo Hamim Pou, sebagai era munuju peradaban maju Gorontalo.

"Sudah barang tentu, Pemilu 2024 akan diikuti oleh para bupati dan walikota bahkan anggota DPR maupun anggota DPRD. Semuanya punya pengalaman dalam pemerintahan. Banyak pelajaran peting dan pengalaman empirik yang telah diperoleh selama menunaikan amanah sebagai penyelenggara pemerintahan. Pengalaman ini pula yang dapat memantaskannya ikut dalam kontestasi," ungkap  Hamim dalam sebuah dialog baru-baru ini (26/07/2022).

Hamim yang saat ini adalah Bupati Bone Bolango dua seperempat periode itu  melanjutkan. Pengalaman mengelola pemerintan daerah itu lanjut Hamim, hanyalah salah satu modal dari sekian banyak modal politik lainnya, agar bisa dipercaya dan diberi amanah oleh rakyat. 

Kata Hamim, pengalaman di pemerintahan, akan lebih mempermudah perumusan misi seorang kepala daerah, untuk membentuk masa depan provinsi Gorontalo, bersama rakyat telah memilihnya.

Bagaimana pemerintah seharusnya dijalankan, dan kebijkaan-kebijakan seperti apa yang harus dilahirkan, agar cita cita perjuangan pembentukan Provinsi  Gorontalo itu bisa hadir dan dirasakan masyarakat, jelas Hamim.

Namun demikian Hamim juga mengatakan, pengalaman di pemerintahan itu bukanlah syarat mutlak yang harus dimiliki seorang calon Gubenur yang ingin maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

"Tentunya, tidak semua penyelenggara pemerintahan, memiliki rekam jejak sukses dimata masyarakat. Apalagi jika ukurannya adalah kesejahteraan rakyat. Sudah pasti, kondisinya akan berbeda antara daerah satu dengan daerah yang lain," sanggah Hamim, menjawab apakah pengalaman empirik menjadi syarat mutlak bagi calon gubernur yang akan disung Partai NasDem pada Pemilu Gubernur 2024.

Pengalaman dalam pemerintahan yang dimaksud Hamim, terkait dengan kepiawaian dalam mengaktualisasikan kompetensi yang dimiliki seorang pemimpin untuk mengelola permasalahan yang dihadapi sebuah organisasi.

"Misalnya, organisasi pemerintahan maupun organisasi bisnis memiliki orientasi yang berbeda. Organisasi pemerintah bertindak untuk bagaiamana menghadirkan kesejahteraan rakyat. Sedangkan organisasi bisnis bertindak untuk menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh karyawannya. Tapi, tantangan yang dimiliki sebetulnya adalah sama. Yaitu, bagaimana mengelola apa saja yang dimiliki organisasi, untuk menghasilakan performa kinerja yang terbaik," jelas Hamim.

Hamim meyakini, kombinasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari latar belakang politisi dan pengusaha, atau sebaliknya pengusaha dan politisi, akan bisa menghadirkan pemerintahan yang bisa mewujudkan peradaban maju Gorontalo.