News Detail

KENDALIKAN COVID, LIBATKAN MASYARAKAT

KENDALIKAN COVID, LIBATKAN MASYARAKAT

GORONTALO - Untuk mempertahankan terkendalinya sebaran COVID-19 pada berbagai kegiatan masyarakat di area publik, butuh mekanisme agar penyebaran COVID-19 tetap bisa dikendalikan. Hal itu dikemukakan Ridwan Monoarfa di Sekretariat DPW NasDem Provinsi Gorontalo, jumat siang tadi (08-10-2021).

“Saat ini masyarakat harus terus dipersiapkan, agar mampu menjalani norma-norma baru dalam kegiatan keseharian demi menjaga penyebaran Covid-19 tetap terkendali,” Ungkap RIdwan yang juga adalah Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Gorontalo.

Sejumlah upaya pengendalian pada berbagai kegiatan yang telah dibuka kembali, lanjut Ridwan. Harus konsisten dilakukan dan melibatkan peran partisipatif dari masyarakat.

“Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengambil bagian peran dan tanggung jawab  dalam pengendalian penyebaran virus, adalah hal yang penting. Sebab merekalah, yang menjadi tujuan akhir yang dilindungi oleh pemerintah melalui berbagai protokol yang telah dibuat. Karenanya penyadaran agar tejadi pengendalian penyebaran virus secara kolektif dan mandiri oleh masyarakat adalah penting,” jelas Ridwan.

Norma hidup baru bagi masyarakat itu ujar Ridwan, bisa dimulai dengan membudayakan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dalam setiap berkegiatan di ruang publik.

Sedangkan norma baru yang harus dilakukan para pemangku kepentingan, menurut Ridwan, adalah konsisten mengevaluasi dan melakukan testing serta tracing pada sejumlah kegiatan di ruang publik.

Kesadaran bahwa pelonggaran kegiatan harus direspon dengan tetap waspada lewat disiplin menjalani prokes, harus terus digaungkan agar kondisi terkendalinya penyebaran Covid-19 tetap terjaga” tutup Ridwan.