News Detail

Pertama Kali, 5 Chef Dari Jepang Sajikan 2000 Porsi Shusi Untuk Pengunjung Festival Ikan Tuna Gorontalo

Pertama Kali, 5 Chef Dari Jepang Sajikan 2000 Porsi Shusi Untuk Pengunjung Festival Ikan Tuna Gorontalo

Dalam pelaksanaan Festival Kuliner Ikan Tuna 2022 di Gorontalo, panitia melakukan pelelangan Ikan Tuna hasil tangkapan dari para nelayan Gorontalo pada hari kedua kegiatan tanggal 3 September 2022 di Lapangan Ipot Tapa.

Acara Lelang Ikan Tuna tersebut di ikuti oleh Pengusaha Shusi terbesar di Jepang Kiyoshi Kimura, Wakil Ketua DPR RI Bid. Korinbang Dari Fraksi NasDem Rachmat Gobel, dan para tamu yang hadir pada Festival tersebut.

Ikan Tuna terberat yang di lelang pada acara tersebut yakni Ikan Tuna seberat 80 Kg hasil tangkapan dari Nelayan yang ada di Kota Gorontalo.

Lelang Ikan Tuna tersebut di menangkan oleh Kiyoshi Kimuran dengan harga penawaran tertinggi yakni 18 Juta Rupiah.

Biasanya harga ikan tuna di Gorontalo dengan bobot berat 80 Kg di beli dengan harga 4-5 Juta Rupiah.

“Mr. Kimura membeli ikan tersebut dengan harga Fantastis,karena sebuah bentuk apresiasi terhadap nelayan ikan tuna Gorontalo, Jadi bukan soal harganya tapi penghargaannya,”ungkap Gobel.

Setelah memenangkan lelang ikan Tuna tersebut, Kiyoshi Kimura bersama 5 Chef terbaiknya yang di bawa dari Jepang melakukan atraksi memotong ikan Tuna, serta menyajikan makanan Shusi untuk 2.000 pengunjung pada Festival Kuliner Ikan Tuna secara gratis.

Kimura memulai irisan ikan tuna itu dengan menggunakan katana, pedang yang biasa digunakan oleh para Samurai Jepang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pisau yang lebih pendek dari para chef jepang.

Kualitas Ikan Tuna Gorontalo Kata Kimura sangat bagus, dan memiliki daya saing untuk kualitas ekspor.

“Ikan Tuna Gorontalo enak. Banyak minyaknya,” terang Kiyoshi Kimura.

Para pengunjung yang penasaran dengan cita rasa Shusi yang di sajikan oleh para Chef dari Jepang tersebut langsung masuk dalam barisan antrian panjang agar bisa mencicipinya.