News Detail

RACHMAT GOBEL AJAK PENGUSAHA JEPANG INVESTASI CARBON CREDIT DI INDONESIA

RACHMAT GOBEL AJAK PENGUSAHA JEPANG INVESTASI CARBON CREDIT DI INDONESIA

TOKYO - Disela acara Forestry Investment Dialogues 2022 yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Tokyo, Jepang. Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmad Gobel, mengajak pengusaha Jepang untuk berinvestasi carbon credit di Indonesia.

Sesuai Indonesia’a Forest and Other Land Uses (FoLU) Net Sink 2030, Indonesia manargetkan pada 2030 terjadi net-zero emission gas CO2 hingga 29%. Namun jika ada bantuan internasional maka akan mencapai 41%. Capaian 100% ditargetkan terjadi pada 2060. Karena itu, kata Gobel, harus ada insentif untuk investor asing dalam carbon credit tersebut.

“Kita harus dengar suara investor asing tersebut seperti dari Jepang ini. Apalagi Indonesia berkomitmen melaksanakan Paris Agreement untuk lingkungan yang sehat, bersih, dan berkelanjutan,” kata Gobel dalam keterangannya, Senin (1/8).  

Sesuai Indonesia’a Forest and Other Land Uses (FoLU) Net Sink 2030, Indonesia manargetkan pada 2030 terjadi net-zero emission gas CO2 hingga 29%. Namun jika ada bantuan internasional maka akan mencapai 41%. Capaian 100% ditargetkan terjadi pada 2060. Karena itu, kata Gobel, harus ada insentif untuk investor asing dalam carbon credit tersebut.

Gobel menyampaikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki luas hutan terbesar di dunia, yaitu sekitar 95,6 juta hektare. Dengan potensi yang dimiliki Indonesia itu, katanya, Jepang bisa ikut berpartisipasi bagi pengembangan hutan berkelanjutan.

“Indonesia juga telah memiliki Sovereign Wealth Fund yang memudahkan pengusaha dari negara-negara lain dalam melakukan investasi di Indonesia,” katanya.

Legislator NasDem itu juga menyampaikan tentang telah hadirnya UU Cipta Kerja. UU itu, katanya, memberikan kemudahan dalam berinvestasi di bidang kehutanan serta adanya perubahan paradigma dalam pengelolaan hutan. Menurutnya, ada tiga poin kemudahan berinvestasi di sektor perhutanan.

Pertama, kemudahan perizinan pemanfaatan kawasan hutan. Kedua, perizinan usaha berbasis resiko (Risk Based Approach). Ketiga, penyusunan dan penilaian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang diintegrasikan ke dalam proses perizinan berusaha.

Ketua Asosiasi Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang tersebut mengingatkan, saat ini dunia sedang dihadapkan pada kenaikan suhu bumi akibat penggunaan energi fosil dan rusaknya lingkungan. Hal itu, katanya, berdampak pada mencairnya es di kutub, naiknya permukaan air laut, dan berubahnya iklim.

“Semua ini harus diselesaikan bersama-sama oleh seluruh penduduk bumi. Kita harus bekerja sama, salah satunya melalui skema berusaha yang ramah lingkungan,” katanya.

Menurut Gobel, tiap negara, sesuai Paris Agreement, memiliki target masing-masing untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK). Sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia, pada tahun 2030 tingkat emisi gas rumah kaca ditargetkan -140 juta ton CO2e.

“Semua itu merupakan upaya untuk mencapai netral karbon atau net-zero emission (NZE), yaitu serapan emisi GRK seimbang atau bahkan lebih tinggi daripada tingkat emisi GRK,” katanya.

Untuk mencapai NZE itu, katanya, dilakukan melalui sektor kehutanan, energi, pertanian, industri (industrial process and product uses/IPPU), dan pengelolaan limbah. Ia mengakui, peran dominan ditanggung sektor kehutanan dan kemudian energi. Lainnya memiliki kontribusi yang kecil.

“Dalam kerangka itu, kami mengundang pihak Jepang untuk turut berkontribusi bagi pencapaian NZE di Indonesia tersebut. Melalui carbon credit, ada banyak skema yang bisa dilakukan untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan. Indonesia memiliki lahan yang sangat luas untuk berinvestasi sekaligus berkontribusi bagi tercapainya dunia yang hijau, nyaman, bersih, dan berkelanjutan. Ada banyak bidang yang bisa dikerjasamakan,” katanya.

Gobel mencontohkan, salah satu grup BUMN di Indonesia, yang bergerak di sektor perkebunan, memiliki potensi penyerapan karbon mencapai 39,37 juta ton CO2 per tahun.

“Kontribusi terbesar melalui tegakan pohon kelapa sawit, tebu, dan karet. Selain itu, juga melalui program decarbonization dalam hal pengelolaan POME, perubahan pupuk dan pestisida, dan proses pengolahan. Tiga hal inilah yang menjadi sumber emisi GRK, sehingga tiga hal ini yang harus diperbaiki. Inilah salah satu contoh potensi terbaik yang bisa dikerjasamakan,” katanya.

Gobel juga menegaskan, Indonesia sangat berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk mencapai net-zero emission.

"Kita ingin mewariskan hal-hal baik bagi generasi pelanjut kita. Kita ingin berkontribusi bagi masa depan planet kita. Hakikatnya kita tinggal di rumah yang sama. Hanya kebetulan namanya Jepang dan Indonesia. Tapi kita menghirup udara yang sama, darah kita sama berwarna merah, dan kita berada di bawah matahari yang sama. Mari kita selamatkan peradaban manusia yang terlalu indah untuk dihanguskan,” katanya.