News Detail

Rachmat Gobel Bahas Masalah Pendidikan Di Gorontalo Bersama Mendikbud RI

Rachmat Gobel Bahas Masalah Pendidikan Di Gorontalo Bersama Mendikbud RI

Kemarin Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menerima kunjungan Rektor Universitas Negeri Gorontalo Edward Wolok membahas masalah pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang ada di Gorontalo.

Hari ini (28/7),  Rachmat Gobel langsung bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim membahas hal tersebut.

“ Masalah yang paling penting dan sering  terjadi di daerah yakni kualitas sumber daya manusia, Seperti yang terjadi di Gorontalo saat ini terkait demo menolak ratusan TKA yang akan masuk di Gorontalo dengan alasan SDM lokal dianggap tidak memiliki keahlian khusus,”ungkap Rachmat Gobel.

“ Kita harus memperbaiki kualitas pendidikan agar bisa menciptakan SDM unggul dan siap kerja. SDM kita juga harus mampu mengelolah teknologi digital, sehingga bisa bersaing  dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0,” terang Rachmat.

Masalah pendidikan memang sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah negara, hal yang perlu diantisipasi ketika RUU Omnibus Law cipta lapangan kerja disahkan, dan kemungkinan besar banyak para investor yang akan masuk di Indonesia sehingga membuka lapangan kerja namun tenaga kerja kita belum siap.

Gorontalo saat ini masih bertahan pada Provinsi termiskin ke 5 di indonesia, salah satu hal yang menjadi pemicu tingginya angka kemiskinan di Gorontalo yaitu kualitas SDM dan juga masalah pendidikan.