News Detail

RACHMAT GOBEL DAN ANDIKA PERKA BERTEMU MEMBICARAKAN SOAL INI

RACHMAT GOBEL DAN ANDIKA PERKA BERTEMU MEMBICARAKAN SOAL INI

JAKARTA - Panglima TNI Andika perkasa bertemu Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel, di Rumah Jabatan Wakil Ketua DPR-RI, Denpasar 65 - Jakarta, Senin 3/1/2021.

Pertemuan kedua tokoh itu tidak lain membicarakan persoalan kebangsaan yang memang agak cukup mengemuka belakangan ini. 

"Belakangan ini, kita kerap kali membaca berita yang mengindikasikan solidaritas kebangsaan masyarakat Indonesia sedang terancam" ungkap Rachmat Gobel usai pertemuan itu. 

Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga diwarnai oleh beragamnya bahasa dan agama. Namun, dilain sisi, konflik antar etnis berbasis SARA dan sikap diskriminatif terhadap agama dan suku tertentu tidak lepas dari kondisi pluralitas Indonesia.

Menurut Gobel, solidaritas suku, agama dan ras adalah aspek yang penting menjawab persoalan kebangsaan. Apalagi, jika dikatikan dengan posisi Indonesia yang secara geografis berada dalam ring of fire atau negara rawan bencana.

"Beragamnya suku, agama dan ras yang kita miliki sebetulnya adalah bagian dari kekayaan bangsa, dan Ini adalah tantangan dalam mengelola masalah kebangsaan kita" Jelas Gobel.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI) paling tidak ada tiga bencana yang sering melanda Indonesia yaitu banjir , puting beliung dan tanah longsor.

Masalah kebangsaan yang dihadapi saat ini, juga meliputi masalah-masalah yang terkait dengan jaminan sosial, kebencanaan, pangan, energi, dan maritim yang menuntut perhatian seluruh elemen bangsa.

"Pembangunan sudah kita capai dengan target pertumbuhan ekonomi yang bagus, namun bagaimana pembangunan yang baik itu bisa merata, sehingga tidak meninggalkan kesan adanya kesenjangan dimasyarakat menjadi sangat penting pula untuk memperkuat solidaritas kita sebagai bangsa" tutup Gobel.