News Detail

Rachmat Gobel Support Pembentukan DOB Kota Telaga

Rachmat Gobel Support Pembentukan DOB Kota Telaga

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memberikasn suport penuh bagi terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Talaga. Menurutnya pemekaran wilayah di Provinsi Gorontalo itu, selain telah menjadi aspirasi masyarakat yang telah menguat, juga merupakan tuntutan kebutuhan untuk pengembangan kawasan kota baru di Gorontalo.

Guna mematangkan pembentukan DOB Kota Telaga, dirinya akan menfasilitasi pertemuan Komite Pembentukan Kota Talaga (KPKT) dengan Kementrian Dalam Negeri, agar bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung ke hadapan Mendagri.

“Insya Allah, saya akan coba mencari waktu luang pak Mendagri, agar bisa diagendakan pertemuannya minggu depan,” ungkap Rachmat Gobel dihadapan pengurus KPKT (31/10)

Inisiasi masyarakat setempat untuk membentuk DOB Kota Talaga, telah diaspirasikan warga kurang lebih 20  tahun silam. Pembentukan Kota Talaga saat ini, telah memperoleh dukungan keputusan politik dari DPRD Kabupaten Gorontalo dan Provinsi Gorontalo.

Pagi tadi, Panitia Pembentukan DOB Kota Talaga menemui Wakil Ketua DPR RI di kediamannya di kawasan Rumah Adat Gobel, Tapa, Bone Bololango. Pertemuan itu untuk menyampaikan aspirasi dan dukungan Rachmat Gobel terhadap pembentukan DOB Kota Telaga.

Ketua Komite Pembentukan Kota Talaga, Weni Liputo mengatakan, dorongan untuk merealisasikan pembentukan DOB Kota Talaga kembali menguat, seiring dengan telah dicabutnya moratorium pemekaran daerah oleh presiden.

Ia menambahkan, dukungan tehadap pembentukan DOB Kota Talaga butuh dukungan politis dari berbagai stake holders. Karenanya komunikasi politik untuk meminta dukungan terus digencarkan.

“Kemarin juga kita telah menemui tokoh-tokoh gorontalo yang duduk di DPR dan MRP untuk memohon dukungan politik. Hari ini, kami menemui Bapak Wakil Ketua DPR RI, untuk meminta dukungan dan fasilitas untuk memperlancar perjuangan pembentukan DOB Kota Talaga”, pungkas Weni.