News Detail

RACHMAT GOBEL WUJUDKAN ASPIRASI PETANI POHUWATO

RACHMAT GOBEL WUJUDKAN ASPIRASI PETANI POHUWATO

POHUWATO - Petani di Kabupaten Pohuwato berterima kasih atas perjuangan Rachmat Gobel, yang telah mewujudkan aspirasi petani, yang telah disampaikan petani setempat, saat Rachmat Gobel  melaksanakan reses di daerah itu pada tahun 2021 lalu.

"Semoga hal ini bisa berdampak pada peningkatan produksi panen kami. Semoga perjuangan pak Rachmat Gobel mendapat balasan dari Allah SWT, ungkap Suleman, salah satu petani di Pohuwato.

Pada kegiatan reses di Pohuwato pada tahun 2021 lalu, aspirasi yang disampaikan petani salah satu diantaranya, adalah perbaikan saluran irigasi persawahan yang ada didaerah setempat.

Untuk menyahuti keluhan petani itu, Rachmat Gobel menemui kementrian Pekerjaan Umum dan Prumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Haji Mulyono.

Melalui anggaran Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang ada di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, aspirasi itu akhirnya bisa terwujud dan sudah dimanfaatkan petani saat ini.

Tahun ini, Kabupaten Pohuwato menerima 10 paket perbaikan saluran irigasi pertanian, dengan nilai mencapai 2 miliar rupiah lebih.

Program P3-TGAI bertujuan menyediakan air bagi kawasan pertanian melalui pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil (luas kurang dari 150 hektar), irigasi tersier dan irigasi desa yang dilakukan dengan cara Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).