News Detail

RG SUKSES BAWA 13 MILIAR ANGGARAN PROGRAM KOTAKU

RG SUKSES BAWA 13 MILIAR ANGGARAN PROGRAM KOTAKU

GORONTALO - Wakil Ketua DPR-RI Rrachmat Gobel meresmikan jalan paving block disalah satu lokasi Program Kota Tanpa Kumuh atau yang dikenal dengan istilah program KOTAKU di Kelurahan Leato Utara Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, pada Kamis 22 Desember 2021.

Program KOTAKU, merupakan program yang melekat pada Kementrian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat, salah satu kementrian yang juga adalah mitra kerja, Wakil Ketua DPR-RI Koorditanor Bidang Industri Dan Pembangunan yang dijabat Rachmat Gobel saat Ini

Program KOTAKU merupakan salah satu program di Kementrian Pekerjaan Umum dan Pemumikan Rakyat yang menjadi perhatian khusus Rachmat Gobel.

Ia mengawal dengan komitmen yang kuat memperjuangkan anggaran untuk program KOTAKU yang diusulkan pemeirntah daerah, baik saat melakukan lobi anggaran maupun mengawal saat pembahasan anggaran antara pemerintah dan DPR-RI.

Gobel sengaja memberikan perhatian khusus kepada program ini, lantaran program kotaku memberikan manfaat berupa pendapatan yang langsung bisa dinikmati masyarakat. Baik dalam bentuk manfaat sosial maupun manfaat secara ekonomis dari pelaksanaan program tersebut.

Tahun 2021 ini saja, program KOTAKU melibatkan 450 orang tenaga kerja, dengan total upah yang telah dibayarkan sebanyak 2,4 miliar lebih. 

Pengawalan aggaran program koatku oleh Rachmat Gobel, membuat kucuran angaran dari kementrian pekerjaan umum dan pemukiman wilayah terus mengalir ke Gorontalo, meski situasi keuangan negara sedikit terganggu lantaran melakukan refokusing anggaran untuk menangani pandemi COVID-19.

Kota gorontalo memiliki 10 kelurahan yang menerima anggaran dari Program KOTAKU, dengan total anggaran sebesar 13 Miliar Rupiah.

"Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, kami terus meminta Bapak Rachmat Gobel untuk terus memberikan perhatian kepada Pemerintah Kota Gorontalo, untuk terus memperjuangkan anggaran untuk Program KOTAKU dan pengembangan infrastruktur lainnya," Ungkap Wakil Walikota Rian Kono, saat memberikan sambutan pada acra tersebut.