News Detail

BDRKAT LOBI RG, KEMENHUB BANTU ALAT UJI KENDARAAN UNTUK GORONTALO

BDRKAT LOBI RG, KEMENHUB BANTU ALAT UJI KENDARAAN UNTUK GORONTALO

BONE BOLANGO -  Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan, dan Perhubungan (DLHPP) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kini memiliki alat uji kendaraan mobile. Alat tersebut merupakan buah perjuangan dan aspirasi Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel.

Bupati Bonebol, Hamim Pou yang juga Ketua NasDem Gorontalo saat meninjau langsung alat uji kendaraan mobile tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas perjuangan dan perhatian Rachmad Gobel untuk Bonebol.

“Alat uji ini kita usulkan ke Kementerian Perhubungan dan berkat aspirasi dari bapak Rachmat Gobel, selaku Wakil Ketua DPR RI agar kiranya Provinsi Gorontalo termasuk Kabupaten Bone Bolango bisa mendapatkan alat uji kendaraan mobile ini,” kata Hamim Pou, Kamis (6/1).

Ke depan kata Hamim, Pemerintah Daerah Bonebol akan mengadakan yang permanen dengan dukungan peralatan yang lebih lengkap dan layanan lebih cepat.

“Ini bagian dari pertama untuk memastikan seluruh kendaraan di seluruh Provinsi Gorontalo termasuk di Bone Bolango, itu dalam keadaan layak pakai dan digunakan, baik kendaraan penumpang atau kendaraan darat,” ungkap dia.

Hamim menegaskan, dengan keberadaan alat uji kendaraan modern tersebut juga untuk membantu masyarakat mengurangi dan mencegah kecelakaan.

“Tidak boleh kendaraan itu kita anggap layak dipakai atau tidak, tapi harus diuji lewat alat uji kendaraan ini,” ujar Bupati.

Ketiga, keberadaan alat uji kendaraan ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ada ribuan kendaraan di Bone Bolango ini, terkadang belum diuji. Kalaupun diuji harus ke daerah lain.

“Dengan kehadiran sementara alat uji kendaraan mobile ini diharapkan bisa membantu masyarakat Gorontalo dan masyarakat di provinsi tetangga untuk datang menguji kendaraannya di Bone Bolango,” tukas Hamim.

Masih kata Hamim pihaknya mengajak masyarakat Gorontalo khususnya Bonebol, untuk menggunakan alat uji kendaraan mobile tersebut guna memastikan kendaraan layak pakai atau tidak, aman atau tidak.

“Karena bagaimana pun di jalan ini tidak ada jaminan kendaraan kita aman, layak digunakan tanpa ada standar jelas dari alat uji resmi,” kata dia.

Bupati Bonebol dua periode tersebut menambahkan ke depan atau tahun ini pihaknya akan adakan alat uji kendaraan yang permanen. Dengan demikian kita punya dua alat uji kendaraan yang bisa saling membantu, yang satu permanen dan satunya lagi bisa mobile atau bergerak.

“Jadi kita bisa ke Bone Pesisir atau ke daerah lain untuk melakukan uji kendaraan tersebut,” tutup dia.