News Detail

DIMEDIASI RACHMAT GOBEL, PEMKAB BONE BOLANGO BANTU PERCEPAT PEMBANGUNAN WADUK BULANGO ULU

DIMEDIASI RACHMAT GOBEL, PEMKAB BONE BOLANGO BANTU PERCEPAT PEMBANGUNAN WADUK BULANGO ULU

BONE BOLANGO - Kendala yang dihadapi oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Provinsi Gorontalo dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional di Gorontalo Waduk Bulango Ulu adalah pembebasan lahan yang tak kunjung tuntas diakibatkan oleh beberap aspek.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memediasi Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo,Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango, bertemu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bone Bolango, dan masyarakat Bulango Ulu membahas percepatan pembangunan Waduk Bulango Ulu di Tapa, Bone Bolango.30/1

Dengan langkah mediasi yang dilakukan oleh Rachmat Gobel membuat semua hambatan tersebut menjadi mudah dan dipastikan untuk musyawarah sekaligus penandatanganan kesepakatan harga pembayaran dengan warga pemilik tanah akan tuntas di minggu pertama bulan februari 2021.

“Pertemuan ini sangat luar biasa,karena mulai dari kontrak pekerjaan dari 2019 sampai sekarang belum bisa pekerjaan fisik karena terkendala pada pembebasan tanah,” ungkap  Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T

“Alhamdulillah hari ini dengan bantuan Pak rachmat Gobel untuk mempertemukan kami dengan Bupati, Camat, Kepala Desa dan perwakilan masyarakat Bulango Ulu, Insya Allah beberapa hari kedepan kita bisa mengetahui bara kebutuhan dana untuk pembebasan lahan dan akan kita lanjutkan dengan proses pembayarannya ke jakrta,” terang Naswardi.

Naswardi menjelaskan bahwa dana yang digunakan untuk pembebasan lahan bukan dari Kemnterian PUPR, namun berasal dari Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN).

Saat pertemuan tersebut, Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama jajaran pemerintah daerah yang hadir, Sekda Ishak Ntoma, Kadis Pertanian Roswati Agus, Camat Bulango Ulu, dan 3 kepala Desa yang menjadi titik lokus pembangunan Waduk Bulango Ulu siap membantu BPN dalam percepatan administrasi pembebasan lahan.

“Kami Pemerintah Daerah dan masyarakat akan mendukung penuh percepatan penyelesaian administrasi pembebasan lahan dalam pembangunan waduk bulango ulu,” ucap Hamim Pou.

Dalam proses percepatan penyelesaian administrasi pembebasan lahan pembangunan waduk Bulango Ulu, BPN dan Pemda Bone Bolango akan di bantu oleh LSM LIPAN yang terdiri kelompok pemuda Bulango Ulu.