News Detail

Gaet Bank Mandiri, Gobel Genjot Realisasi KUR

Gaet Bank Mandiri, Gobel Genjot Realisasi KUR

Salah satu tantangan yang dihadapi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dalam peningkatan produksi dan perluasan pasar, adalah keterbatasan modal dan kesulitan mengakses fasilita modal perbankan.

Masalah yang bisa dibilang, hampir dialami oleh seluruh pelaku UMKM.

Untuk menjawab tantangan itu, sebetulnya pemerintah telah mengeluarkan program Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Sebuah fasilitas yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar mudah mengakses modal perbankan.

Sejumlah bank milik pemerintah pun telah ditunjuk sebagai bank penyalur KUR. Salah satunya adalah Bank Mandiri.

Untuk memaksimalkan pendayagunaan fasilitas KUR di Gorontalo, Rachmat Gobel terus mendorong pihak perbankan lebih agresif untuk mensosialiasikan dan merealisasikan pinjaman KUR tersebut.

“Sesuai laporan yang telah saya terima, penyaluran KUR hingga penghujung tahun ini, telah mencapai 6 MIliar, saya ingin angka itu bisa terus ditingkatkan, agar fasilitas itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelaku UMKM di Gorontalo” ungkap Rachmat Gobel disela kegiatan Sosialisasi KUR yang digelar pihak Bank Mandiri Cabang Gorontalo, sore tadi (7/12).

Bagi Gobel, keberadaan KUR menjadi faktor pembantu guna merealisasikan program pengembangan UMKM dan Koperasi yang tercantum dalam Road Map untuk merubah keadaan Gorontalo dari Provinsi dengan persentase penduduk miskin terbesar ke-4 di Indonesia, menjadi provinsi termakmur ke-5 di Indonesia.

Gobel sengaja mengambil sektor UMKM dan Koperasi sebagai faktor pendorong. Sebab kedua sektor itu, merupakan sektor yang banyak digeluti kalangan kelas masyarakat ekonomi menengah kebawah. Kelompok sasaran yang juga merupakan penyumbang tingginya persentase kemiskinan di Gorontalo.

Pada acara sosialisasi yang dihadiri oleh para pelaku UMKM di Kota Gorontalo itu, Gobel berharap agar fasilitas kredit yang akan diberikan pihak perbankan, tidak diperntukan untuk hal yang bersifat konsumtif.

“Saya juga berharap, agar kredit yang akan diberikan bank benar-benar digunakan untuk kebutuhan menunjang usaha,” tutup Gobel.

Dalam satu tahun terakhir, pelaksanaan sosialisasi KUR oleh Bank Mandiri Gorontalo kepada pelaku UMKM binaan Rachmat Gobel telah dilakukan sebanyak dua kali.