News Detail

GARNITA POHUWATO GERCEP  TANGANI ODGJ DI POHUWATO

GARNITA POHUWATO GERCEP  TANGANI ODGJ DI POHUWATO

POHUWATO - Aksi sigap ditunjukkan Gerakan Wanita (Garnita) Malahayati Kabupaten Pohuwato.

Tak menunggu lama. Organisasi sayap partai NasDem yang dikomandani Fatma Laiya itu, langsung gerak cepat (gercep) memacu mobil ambulan NAsDem, menuju ke kediaman YJ. 

YJ Seorang pemuda (20 tahun) yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ), tinggal di Desa Taluduyunu Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato.

Pada Senin 21 Agustus 2023, Garnita Malahayati Pohuwato menerima permintaan keluarga YJ.

Pihak keluarga meminta Garnita Pohuwato dapat mefasilitas upaya perujukan YJ, ke Rumah Sakit Tombulilato di Kabupaten Bone Bolango. Permintaan keluarga itu, disampaikan langsung pihak orang tua YJ, kepada Fatma Laiya.

"Alhamdulillah, malam ini kami sudah berada di RSU Tombulilato Bone Bolango dan mengurus semua hal yang dibutuhkan, agar YJ memperoleh perawatan agar bisa kembali pulih seperti sedia kala," Jelas Fatma yang juga perna bertugas sebagai Kepala Tata Usaha RSU Bumi Panua Pohuwato itu.

Fatma yang juga adalah calon anggota DPRD Kabupaten Pohuwato di Dapil 1 (Kecamatan Marisa dan Kecamatan Buntulia) itu menjelaskan, aksi yang dilakukan Garnita Pohuwato tersebut, semata-mata karena keterpanggilan rasa kemanusiaan.

"Sudah hampir 2 bulan lamanya YJ dirawat dirumah oleh keluarga. Kami turut merasakan seperti apa tantangan yang dihadapi keluarga dalam menangani pasein ODGJ. Karena itu, kami tidak segan-segan untuk membantu keluarga YJ," ungkap pensiunan ASN yang pernah juga bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato itu.

Fatma berharap, YJ bisa kembali pulih seperti sediakala.

"Sebelumya, YJ pernah menjalani pengobatan di RSU Tombulilato selama 6 bulan. Setelah itu kambuh lagi, sehingga perlu di rujuk kembali untuk menjalai pemulihan. Insya Allah, setelah mejalani proses pemulihan kedua ini, YJ bisa kembali seperti sediakala," tutup Fatma.