News Detail

Bantuan Pangan dan Alat Berat Rachmat Gobel Peduli, ‘OTW’ Masamba

Bantuan Pangan dan Alat Berat Rachmat Gobel Peduli, ‘OTW’ Masamba

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyampaikan bela sungkawa atas duka korban meninggal maupun hilang, pada persitiwa banjir bandang yang menerjang Kecamatan Masamba, di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin malam kemarin (13/7/2020).

Berdasarkan informasi dilansir dari berbagai media, sebanyak 19 orang dilaporkan meninggal dunia, 23 hilang dan lebih dari 15.000 orang terpaksa mengungsi. Selain menyebabkan kerusakan, juga membuat putusnya akses komunikasi. Hingga kini, Jalanan tertutup lumpur dengan ketinggian beragam. Sampah berserakan di sudut-sudut kota.

Sebagai bentuk empati dan respon keprihatinan yang dialami para korban banjir. Rachmat Gobel mengirim bantuan berupa alat berat guna  membantu proses evakuasi maupun pembukaan akses jalan, serta bantuan bahan makanan dan kebutuhan bagi anak dan bayi. Pengiriman bantuan dilakukan Minggu siang tadi (19/7).

“Dari 2 unit alat berat yang akan kita kerahkan. Sebanyak 1 unit alat berat bersama 2 truk bermuatan bahan makanan telah menuju masamba hari ini dari Kota Makassar. Besok diperkirakan alat berat tiba dan langsung beroperasi. Begitu juga dengan bantuan makanan dan perlengkapan anak dan bayi, segera dilakuan pendistribusian,” ungkap Andi Yuslim Patawari, koordinator Rachmat Gobel Peduli Wilayah Sulawesi Selatan.

Andi menjelaskan pengiriman bantuan kepada korban banjir masamba, akan dilakukan dalam dua tahap. Pengiriman yang dilakukan minggu siang tadi merupakan pengiriman tahap pertama. Sedangkan pengiriman tahap ke II akan dilakukan Senin besok (20/7).

“Besok kita akan mengirimkan lagi 1 unit alat berat bersama 1 Mobi Tangki Air dan 2 unit Truck berisi bahan makanan dan masker,” tambah Yuslim.

Adapun bantuan jenis bantuan yang disalurkan berupa, susu dan makanan bayi, popok, obat-obatan, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, sarung dan selimut, pakaian dalam wanita dan tampon, apat penerangan, beras, lotion anti nyamuk dan susu untuk ibu hamil.