News Detail

GORONTALO HARUS MASUK LIMA PROVINSI TERMAKMUR

GORONTALO HARUS MASUK LIMA PROVINSI TERMAKMUR

GORONTALO - Dalam 30 tahun ke depan, Gorontalo harus ke luar dari kemiskinan.  Dari provinsi termiskin ke lima menjadi provinsi termakmur ke lima di Indonesia.

Hal tersebut ditegasan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmad Gobel saat menghadiri pelantikan pengurus DPW Partai NasDem Gorontalo, Jumat (30/7).

"Seluruh kader NasDem harus membebaskan Gorontalo dari kemiskinan dalam 30 tahun," tegas Gobel.

Legislator NasDem dari dapil Gorontalo itu menginginkan, Gorontalo dapat sejahtera pada 2051. Seluruh kader NasDem diminta menggunakan metode politik pembangunan yang memberi manfaat kepada masyarakat Gorontalo.

"Politik pembangunan adalah politik gagasan sesuai dengan visi Partai NasDem sebagai partai yang mengusung restorasi," ujar Gobel.

Anggota Komisi XI DPR RI itu ingin pada 2051 Gorontalo unggul dalam sektor pangan dan kesehatan herbal. Dia melihat dua sektor unggulan itu bisa dikembangkan, karena Gorontalo memiliki banyak peternakan, pertanian, perikanan, dan perkebunan.

"Gorontalo kaya dengan pangan dan rempah-rempah," tutur Gobel.

Gobel juga yakin pada 2051 Gorontalo bisa unggul di sektor pelabuhan internasional dan kawasan ekonomi khusus halal. Gorontalo diyakini bakal jadi 'tambang emas' pada 2051.

"Nilai investasinya dalam 30 tahun mencapai Rp853 triliun dan menyerap 201 ribu tenaga kerja. Gorontalo akan menjadi magnet ekonomi di Indonesia Timur," ucap Gobel.

Dia mengatakan pelabuhan internasional dan ekonomi khusus halal ada di wilayah utara Gorontalo. Lokasi itu bakal jadi pintu masuk ke kawasan timur dari Kalimantan yang akan menjadi Ibu Kota baru.

"Posisinya sangat strategis," tutur Gobel.

Untuk efektivitas dalam menyejahterakan masyarakat Gorontalo, Gobel mengatakan bahwa masyarakat harus bagian dari Visi 2051 tersebut. Jadi harus berbasis koperasi. Dengan demikian masyarakat benar-benar terlibat dalam perubahan itu.

"Karena itu kader Partai NasDem harus bisa fokus pada politik pembangunan ini. Partai NasDem menjadi partai yang memberikan manfaat dan menyejahterakan masyarakat," pungkas Gobel. (RO/*)