News Detail

RACHMAT GOBEL GANDENG KEMENTRIAN KEUANGAN KEMBANGKAN UMKM DI GORONTALO

RACHMAT GOBEL GANDENG KEMENTRIAN KEUANGAN KEMBANGKAN UMKM DI GORONTALO

KOTA GORONTALO - Penanganan Pandemi COVID-19 yang berlangsung selama 2 tahun lamanya. Membuat Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan mengengah di Gorontalo, mengalami keterpurukan usaha.

Dimasa-masa sulit itu, para pelaku usaha yang dikenal dengan istilah pelaku UMKM itu, berhadapan dengan beragam masalah yang rumit. 

Dari masalah pemenuhan bahan baku, masalah pendapatannya yang menurun, masalah penurunan permintaan produk, bahkan higga penutupan usahanya.

Buruknya dampak yang dialami para pelaku UMKM itulah, yang memicu keprihatinan Rachmat Gobel, turut andil memperbaiki kondisi yang ada.

Karena, pelaku UMKM adalah urat nadi perekonomian di Gorontalo yang tersebar dari sekotor perkotaan, pedesaan, hingga daerah terpencil. 

Sektor ini juga, merupakan tulang punggung perekonomian keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Pada Jum'at 14 Agustus 2023 kemarin, Rachmat Gobel bersama Dirjen Kekayaan Negara Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Rionals Silaban meninjau arena pameran produk UMKM, di halaman kantor Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Goorntlao.

Agenda yang melibatkan para pelaku UMKM di Gorontalo itu, menindak aspirasi yang disampaikan para pelaku UMKM kepada Pemerintah pusat, melalui Rachmat Gobel.

Sebanyak 20 pelaku UMKM yang turut mengisi stand pameran yang disedian pada event tersebut.

Para pelaku UMKM itu, juga mengikuti workshop, guna memberikan sentuhan kreativitas dan inovasi terhdap produk-produk UMKM Gorontalo.  Sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan dapat menembus pasar ekspor. Yang pada akhirnya, akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Kolaborasi Rachmat Gobel dengan Kementrian Keuangan tersebut, merupakan salah satu dari sekian jenis kolaborasi yang telah dilakukan Rachmat Gobel, dengan sejumlah lembaga pemerintah, guna mendorong kemajuan sekor UMKM di Gorontalo.