News Detail

Reses Di Bonebol, RG Tinjau Kondisi Sarana Infrastruktur Publik

Reses Di Bonebol, RG Tinjau Kondisi Sarana Infrastruktur Publik

Menindak lanjuti aspirasi pengembangan infrastruktur yang di ajukan masyarakat Kabupaten Bone Bolango. Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, di hari kedua pelaksanaan kunjungan resesnya di Gorontalo, menyempatkan diri untuk meninjau sejumlah sarana dan prasarana publik di daerah tersebut, selasa siang kemarin (4/8).

Setibanya di Desa Tulabolo, Rachmat Gobel meninjau lokasi dan kondisi jembatan gantung tulabolo yang diaspirasikan warga untuk dilakukan renovasi.

Jembatan yang memiliki panjang bentangan sejauh 90 meter dengan lebar 1,7 meter itu merupakan urat nadi satu-satunya penghubung bagi 2.300 jiwa warga yang bermukim di Kecamatan Pinogu.

Kecamatan pinogu merupakan pemukiman enclave yang terletak di puncak gunung di dalam kawasan hutan konservasi Bogani – Nani Wartabone.

Selama kunjungannya didaerah tersebut, Rachmat Gobel juga meninjau kondisi Bendungan Alale yang rusak akibat diterjang bah, luapan air Sungai Bone yang meningkat tajam akibat tingginya curah hujan dalam beberapa waktu terakhir.

Turut serta dalam kegiatan itu, Bupati Bone Bolangi Hamim Pou, dan sejumlah pejabat dari satuan kerja Balai Sungai serta Balai Jalan Kementrian PUPR Provinsi Gorontalo.

Kerusakan yang terjadi pada fasilitas penyuplai kebutuhan aktivitas pertanian warga di daerah setempat itu, cukup parah. Sehingga membutuhkan penanganan secapatnya.

Selain mengunjungi Bendungan Alale, Rachmat Gobel beserta rombongan. Juga melakukan peninjauan kondisi Jembatan Bulobulondu yang kembali rusak, akibat terseret derasnya arus sungai Bone.

Jembatan Bulobulondu sebelumnya telah diperbaiki oleh satuan kerja Balai Jalan Nasional Wilayah Kementrian PU Provinsi Gorontalo, atas permintaan rachmat Gobel ke Menteri PUPR dalam suatu pertemuan di Jakarta.

Kini Jembatan tersebut, kembali mengalami gagal fungsi, lantaran jembatan darurat yang dibangun untuk menghubungkan jalan dan jembatan yang terputus akibat longsor, kembali amburuk oleh derasnya arus Sungai Bone yang meluap.

Kunjungan kesejumlah lokasi selama pelaksanaan reses di Kabupaten Bone Bolango merupakan input yang akan dibahas bersama Menteri PUPR, guna mendapatkan tindak lanjut dari pemerintah.