News Detail

Reses di Gorut, RG Serahkan 717 Rekening Bank Ke Warga Penerima BSPS

Reses di Gorut, RG Serahkan 717 Rekening Bank Ke Warga Penerima BSPS

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel berharap kepada warga penerima BSPS untuk memanfaatkan sebaik mungkin, bantuan yang diberikan Kementrian PUPR melalui program Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS).

Rachmat juga memotivasi para penerima dana stimulan dari BSPS, agar tidak memandang bantuan stimulan keuangan itu, sema-mata untuk membantu agar bisa memperoleh rumah. Melainkan sebagai sebuah dorongan untuk membangun kebanggaan buat anak dan cucu dimasa mendatang.

 “Bantuan ini jangan hanya dipandang untuk membangun rumah. Namun kita jadikan untuk membangun kebanggaan untuk anak-anak dan cucu cucu kita, dengan membangun rumah yang baik dan sehat. Karenanya saya berharap bantuan ini betul-betul dimanfaatkan sebaik baik-baiknya,” ungkap Rachmat Gobel, saat melakukan agenda reses di Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (3/8).

Sebanyak 717 orang penerima manfaat program BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara, menerima Buku Rekening Bank. Buku tersebut merupakan sarana untuk menerima transfer bantuan BSPS yang akan diterima dalam beberapa tahap selama proses pembangunan rumah dilaksanakan. Adapun sumber pembiayaan dana bantuan stimulan itu, berasal dari kas keuangan pemerintah pusat yang ada di Kementrian PUPR.

Penyerahan Bantuan Program BSPS berlangsung di Kantor Bupati Gorontalo Utara. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis, oleh Wakil Ketua DPR RI ke Bupati Gorontalo Utara Indra Jasin. Selanjutnya dihadapan Wakil Ketua DPR RI, Bupati Indra Jasin menyalurkannya kepada 10 orang warga yang mewakili 717 penerima manfaat program BSPS di daerah tersebut.

Kepala Kantor Satuan Kerja Pemukiman Rakyat Kementrian PUPR Provinsi Gorontalo Alwi Mahdali dalam sambutannya mengatakan, jumlah bantuan BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara mengalami peningkatan yang significat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Berdasarkan data yang dirilis Alwi, alokasi bantuan BSPS untuk Kabupaten Gorontalo Utara pada Tahun 2020, naik sebesar 58,15 Persen jika dibandingkan tahun 2019 yang hanya sebesar 300 unit.

“Dapat kami laporkan, alokasi progam BSPS Tahun 2016 sebesar 372 unit. Tahun 2017 turun menjadi 166 unit. demikian juga Tahun 2018, semakin turun tinggal sebesar 77 unit saja. Alhamdulillah berkat koordinasi yang baik Wakil Ketua DPR RI dengan pak Menteri. Tahun ini (2020, red) jumlahnya meningkat menjadi 717 unit,” papar Alwi.

Pada kesempatan itu, Alwi menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua DPR RI yang telah memperjuangkan peningkatan alokasi bantuan BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Dari 717 unit alokasi BSPS yang diperoleh Kabupaten Gorontalo Utara tahun ini. Sebanyak 217 unit yang merupakan program BSPS reguler dan sudah dialokasikan Kementrian PUPR untuk Gorontalo Utara. Berkat aspirasi yang disampaikan pak Rachmat Gobel ke pak menteri. Gorontalo utara mendapat tambahan sebanyak 500 unit lagi, sehingga total keseluruhanya menjadi 717 unit,” ungkap Alwi.

Alwi berharap kepada Rachmat Gobel untuk terus memperjuangkan peningkatan alokasi bantuan BSPS untuk Gorontalo. Sebab, menurut Alwi, program BSPS juga merupakan salah satu alternatif Kementrian PUPR untuk membantu meringankan bebean warga, terlebih ditengah pandemi COVID-19.

“Melalui program ini, maka masyarakat yang tadinya kehilangan pendapatan, bisa memproleh pendapatan saat membantu proses pengerjaan pembangunan rumah BSPS,” ungkap Alwi.

Berdasarkan data Kementrian PU, jumlah masyarakat sasaran penerima manfaat BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara mencapai 12 ribu lebih. Sementara realisasi alokasi bantuan BSPS yang telah disalurkan baru sebesar 1.632 unit.

Kami di Satker Perumahan Rakyat, masih punya PR (Pekerjaan Rumah,red) untuk bisa merealisasikan bantuan BSPS bagi  11.251 unit calon penerima manfaat yang belum menerima bantuan BSPS. Karenanya kami sangat mengharapkan bantuan bapak Waki Ketua DPR RI, untuk mendorong realisasinya. Tutup Alwi.