News Detail

Tekan Kemiskinan, NasDem Kawal Program BSPS

Tekan Kemiskinan, NasDem Kawal Program BSPS

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Gorontalo, Rustam Akili mengatakan, Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu instrumen yang dapat menekan tingginya persentase kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

“Meski hanya merupakan salah satu indikator yang digunakan BPS untuk memotret kemiskinan di Gorontalo, setidaknya dengan BSPS kita bisa menahan persentase kemiskinan tidak meningkat lebih drastis,” ungkap Rustam Akili yang juga adalah staf ahli Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel itu, belum lama ini.

Karenanya Partai NasDem melalui salah satu alegnya di DPR RI, Rachmat Gobel terus berusaha untuk meningkatkan alokasi anggaran melalui upaya dan pendekatan pada kementrian PUPR sebagai salah satu mitra kerja Wakil Ketua Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan.

Rustam menambahkan, upaya penambahan alokasi anggaran BSPS penting dilakukan, agar dapat memenuhi kebutuhan alokasi BSPS Saat ini. Sebab pemenuhan kebutuhan anggaran dengan realisasi alokasi, masih terdapat kesenjangan.

Rustam mengemukakan, dengan fakta masih tingginya persentase kemiskinan di Gorontalo dan di tunjang oleh kemampuan komunikasi dan kecakapan berdiplomasi yang dimiliki Rachmat Gobel, dirinya optimis jika alokasi jumlah bantuan BSPS untuk Provinsi Gorontalo bisa terus mengalami peningkatan.

“BSPS ditujukan untuk memerangi angka kemiskinan, itu definisi yang ideal. Namun dalam praktek pendistribusian alokasi bantuan BSPS ke setiap provinsi, disitu dibutuhkan kemampuan membangun komunikasi politik dan kecakapan berdiplomasi para aleg di DPR RI. Dan untuk dua hal itu, Kakak Rachmat Gobel yang pernah menjadi meteri perdagangan dan utusan khusus Presiden dibidang investasti, tidak perlu diragukan lagi, ungkap Rustam yang juga pernah menjadi ketua DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Atas hasil lobby yang intens dilakukan Rachmat Gobel ke Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, alokasi penerima BSPS untuk provinsi Gorontalo Tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 18 persen dibanding tahun 2019. Dengan total alokasi anggaran mencapai 87,5 Mmiliar.

Disela kegiatan resesnya pekan kemarin, Rachmat Gobel bersama Rustam Akili menyaksikan penyerahan bantuan BSPS kepada para penerima manfaat, yang berlangsung di Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.